Selasa, 20 April 2010

Jalan-jalan Kebaikan

"Barang siapa mengerjakan kebaikan meskipun sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya." (QS. Azzalzalah (99):7)

Bukhari-muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. ia berkata: "Setiap ruas tulang manusia dibebani untuk bershadaqah setiap pagi harinya. Berbuat adil (mendamaikan) diantara 2 orang adalah shadaqah. Menolong orang lain dengan memboncengkan dikendaraan atau membawakan bawaannya adalah shadaqah. Semua langkah yang ditempuh menuju sholat (berjamaah) adalah shadaqah. Menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah shadaqah."

Muslim meriwayatkan dari 'Aisyah ra. ia berkata: "Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya setiap manusia dari keturunan adam diciptakan dengan memiliki 360 ruas tulang. Barang siapa yang bertakbir; bertahmid; bertahlil; bertasbih; beristighfar; menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalan; beramar ma'ruf; atau bernahi mungkar sebanyak bilangan 360, berarti sungguh pada hari itu sungguh dia telah menjauhkan dirinya dari neraka."

Muslim meriwayatkan dari Abu Dzar ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Setiap pagi hari setiap ruas tulang kalian dibebani untuk bershadaqah. Setiap bacaan tasbih adalah shadaqah. Setiap tahmid adalah shadaqah. Setiap tahlil adalah shadaqah. Setiap takbir adalah shadaqah. Amar ma'ruf adalah shadaqah. Nahi mungkar adalah shadaqah. Dan cukup sebagai ganti dari itu semua adalah mengerjakan 2 rakaat sholat Dhuha."

Muslim meriwayatkan dari Abu Dzar ra. ia berkata: Nabi Saw pernah bersabda kapadaku: "Sekali-kali janganlah engkau meremehkan kebaikan meskipun sekedar bertemu saudaramu dengan wajah ceria."
khusuk & Ikhlas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar