Minggu, 17 April 2011

TIDUR YANG SEHAT


SEPULUH CARA PRAKTIS RENGKUH KENYAMANAN TIDUR
Tips  Kesehatan dari KOMPAS, Senin, 11 April 2011

Manusia membutuhkan kenyamanan tidur merupakan hal yang sudah tidak terbantahkan lagi. Pasalnya, tidur amat diperlukan setiap orang untuk fase beristirahat, agar besok hari dapat menjalani aktivitas dengan stamina baru. Jangan lupa, bagi Anda yang berusia dewasa, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari.

Tidur menyimpan banyak manfaat. Walaupun kita beristirahat, tubuh tetap bekerja membangun sistem imunitas tubuh. Bila pada usia anak-anak, tubuh akan memicu hormon pertumbuha, sedangkan bagi orang dewasa sistem tubuh bekerja untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak. Tak heran bila ketika sakit, resep jitunya adalah makan, minum obat, dan tidur yang cukup.

Sayangnya di balik segenap manfaat tidur, tidak semua orang mudah mendapatkan tidur yang berkualitas. Oleh karena itu, cobalah jalani beberapa cara berikut ini:
1.      Makan camilan dalam porsi kecil beberapa jam mendekati tidur. Namun, perlu diingat pilihlah cemilan sehat seperti semangkuk kecil oatmeal atau sereal, susu, atau yoghurt.
2.      Hindari makan malam dalam porsi besar, terlebih yang berlemak tinggi. Ubahlah dengan porsi cukup, agar anda bisa tidur lebih nyaman.
3.      Paling lambat Sembilan jam sebelum tidur, hindari konsumsi kafeein. Pasalnya, unsur kafein yang identik “menghambat” tidur, baru hilang dari peredaran darah setelah 9-12 jam sejak waktu dikonsumsi.
4.      Hindari mengonsumsi aneka makanan sarat bumbu dalam porsi banyak, saat makan malam.
5.      Buang punting rokok paling lamat dua jam sebelum waktu tidur. Pasalnya, efek nikotin baru hilang dari peredaran darah dalam 30 menit dan tubuh akan terus “menagih” kembali, sehingga otomatis tidurpun dapat terganggu.
6.      Batasi variasi minuman sebelum tidur, agar tidak terbangun untuk bolak-balik ke kamar mandi. Segelas susu hangat cukup menggiring untuk tidur yang nyaman. Yang terpenting, minumlah segelas air putih sebelum beranjak ke tempat tidur.
7.      Hindari minum alkohol, walaupun alkohol dikenal membuat orang cepat mengantuk, tetapi zat ini mencegah untuk masuk ke tidur yang lebih dalam lagi.
8.      Gosok gigi sebelum tidur. Hal ini penting dilakukan agar kuman-kuman dari sisa makanan tidak mudah menggerogoti gigi saat tidur.
9.      Relaksasikan tubuh anda sejenak. Saatnya membaca sebentar untuk mencari kantuk atau atau mendengatkan musik bertempo ringan dan lembut untuk menambah relaksasi tubuh.
10.  Buat pencahayaan temaram di kamar tidur. Saat bersiap tidur pakailah lampu temaram atau bahkan matikan lampu kamar anda.
Dapat tidur nyaman adalah impian setiap orang. Karena seperti kata Dalai Lama, tidur adalah meditasi terbaik.

Tidur sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan tidur yang sehat maka akan memberikan dampak jangka panjang pada kesejahteraan fisik dan psikis manusia. Tubuh manusia ibarat mesin yang perlu dirawat dan istirahat. Tidak mungkin kita dapat beraktivitas secara optimal terus menerus tanpa adanya istirahat yang cukup.

Semua mahluk hidup memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas / kegiatan, karena aktivitas tersebut menggunakan jaringan sel hidup sehingga akan timbul kerusakan pada jaringan tersebut, istirahat ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang dimaksud. Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru dan limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang. Tidur ini tidak hanya diperlukan oleh manusia dan hewan saja, tumbuh-tumbuhan pun memerlukannya. Sebagai contoh saja, pada siang hari tumbuhan bunga matahari daun-daun kelopak bunganya terbuka dan menutup kembali pada waktu senja menjelang malam hari. Untuk mengetahui cara tidur yang sehat silahkan simak selanjutnya di Dr. Shah Nawaz Khan The Review of Religions, April 1993.
http://www.alislam.org/indonesia/pustaka/articles/tidur_sehat.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar